Sunday, October 14, 2012

bumi takkan kemana-mana



agak lupa kalau bumi dalam keadaan koma.
masalah nya bukan karena kadar CO2, bukan polusi, bukan plastik bukan juga laptop anda.
tapi masalah sebenarnya adalah cara berfikir manusia. konsumsi besar-besaran meningkatkan produksi, dan menghasilkan limbah dan kerusakan yang lebih besar. .

supaya kita bisa makan sayuran dengan harga murah, sehingga kita bisa makan dengan berbagai pilihan sayuran sesuai dengan keinginan kita, di perlukan jumlah sayuran yang berlimpah, untuk mempermudah hal tersebut manusia menggunakan pestisida, dan pupuk kimia.sikap yang terdengar manusiawi, tetapi sebenarnya sangat jahat.

hukum ekonomi kita sudah tidak seimbang lagi.

manusia itu seperti serakah, bagaikan gurita yang menggenggam makanan di setiap tentakelnya, dan masih mengingini lebih banyak lagi.

mendengar begitu banyak bencana alam yang ada sekarang, seperti badai katrina, tsunami, banjir dimana-mana, tanah longsor, kondisi bumi yang semakin panas dan mengalami percepatan. timbulnya berbagai macam penyakit baru, alzhaimer, parkinson, kanker, asma dan lain-lain.

sepertinya alam sudah mengusir kita secara perlahan-lahan.

bagaimana jika kita memilih hengkang dari bumi?

bumi tak kan kemana-mana.





dan pada saatnya nanti, bumi akan memperbaiki diri, semua danau kembali jernih. sungai, laut, pegunungan, semua akan kembali hijau. semua kembali damai. mungkin tidak ada manusia disana, tapi bumi akan memperbaiki diri.

dan tahu kenapa?
karena bumi mempunyai banyak sekali waktu di dunia ini. sedang kita tidak.

pohon menghasilkan oksigen, mengurangi karbon, mengolah nitrogen, menyuling air, menjadi habitat ratusan species, mengubah energi matahari, pembuat gula kompleks dan makanan, pencipta iklim miko.

bagaimana merancang bangunan yang serupa pohon, kota serupa hutan?

bangunan yang berfoto sintesis,...

misalnya jika perumahan di gabungkan dengan pengolahan limbah, produksi makanan, pembangkit energi, semua terpadu, terintegrasi dalam sebuah sistem luas.
konsumsi energi kita 9/10 lebih hemat.

kita dapat hidup dengan indah di planet ini.

1 comment: